Monday, November 9, 2009

Update Site Info Di Website Alexa


Sejak Alexa Rank melakukan massal update pada bulan Februari 2009, Ranking Alexa Blog ini mengalami kenaikan yang signifikan alias cukup berarti. Tidak banyak kenaikannya memang, juga tidak sporadis, karena jumlah kunjungan dan page viewnya juga tidak banyak. Kalau dibuat rata-rata, kunjungan ke blog ini masih pada kisaran 60-80 kunjungan per hari.

Jika menilik ketentuan yang ada, Alexa Rank kini melakukan update setiap hari / daily update. Bisa jadi, anda akan menemukan angka yang berbeda pada tampilan site widget alexa dengan data yang ada di website Alexa. Jika ini terjadi, maka (berdasarkan pengamatan yang saya lakukan), angka yang ada di website Alexa adalah angka yang sedang dipersiapkan untuk update Ranking blog pada waktu yang sudah ditentukan Alexa sendiri.

Dalam posting ini Saya tidak akan menulis tentang tips menaikkan Ranking Alexa karena sudah banyak yang menulis. Saya hanya ingin berbagi pengalaman tentang perlunya melakukan Update Site Info blog kita di website Alexa. Persoalan perlu atau tidak, saya sendiri sebenarnya tidak tahu pasti tentang hal itu. Saya hanya ingin melakukannya saja. Apakah juga ada pengaruhnya terhadap naik turunnya Ranking Alexa, saya juga tidak paham persis. Lalu apa pentingnya update site info pada Alexa?


Logikanya sederhana saja, sebagai bagian dari tools dalam dunia blogging, Alexa menyediakan fasilitas untuk submit blog secara lebih komplit. Yang selama ini kita lakukan barangkali hanya Memasang Widget Alexa dan atau Menggunakan Alexa Toolbar di browser. Ini persis dan hampir pasti dikemukakan ketika kita menemukan posting tentang tips menaikkan Alexa Rank. Dan itu sudah dilakukan. Tapi apakah kita sudah melakukan update site info blog kita? Jawabanya dikembalikan kepada masing-masing blogger.

Saya sendiri baru melakukannya beberapa waktu yang lalu. Cara melakukan update site info pun sangat mudah karena form-nya sudah disediakan oleh Alexa.
1. Kunjungi Website Alexa http://www.alexa.com atau langsung dari Alexa Widget blog anda.
2. Klik Tab For Site Owner > klik Edit Your Listing > klik I Want To Update…
3. Isikan data-data blog pada form yang sudah disediakan. Khusus pada kolom isian
4. Email, Alexa meminta untuk memasukkan Email resmi blog seperti emailanda@namabloganda.com
5. Klik Continue, Alexa akan memberikan konfirmasi bahwa update site info sudah diterima
6. Login ke email, klik link konfirmasi dari Alexa untuk memberikan jawaban kepada Alexa
7. Update Site Link Selesai.

Dari proses update ini, sebenarnya sudah bisa dipahami mengapa Alexa menyediakan fasilitas ini, dan mengapa kita perlu untuk melakukannya. Mungkin ini bisa membantu: selama ini barangkali kita hanya memanfaatkan fasilitas Site Widget Alexa yang dipasang di blog kita masing-masing. Dengan demikian, logikanya blog kita baru terdaftar domain name-nya saja, sementara deskripsi lain tentang blog kita belum kita submit-kan.

Ada fasilitas lain yang mungkin bisa dicoba. Pada Edit Your Listing, ada pilihan Request That Alexa Crawl namabloganda.com. Jika diklik, Alexa akan memberikan jawaban: Your request was successful. The Alexa bot will visit your site within the next few days. Jadi, kedua pilihan tersebut; update site info dan Request Crawl merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam blogging.

Sebagai tambahan, ada baiknya mengganti Alexa Site Widget blog anda dengan copy dan pastekan script -nya untuk memasangnya kembali di blog. Demikian, semoga sharing ini bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment

Thank You For Comment in My Site

Followers

Call me

My e-mail is
1. andraeinstein@yahoo.co.id
2. andrachemical@yahoo.com
3. andraeinstein@gmail.com

My site is
1. andrachemical.blogspot.com
2. andraeinstein.blogspot.com
3. creamcommunity.blogspot.com
4. andrachemical.cc.cc

  ©This Website is Edited by Nusendra Hanggarawan Copyright at 2009 and this site is protected by COPYSCAPE.