Monday, October 26, 2009

Facebook kena Phising?


Facebook telah berhasil menghentikan phising di situsnya, worm itu mendorong pengguna untuk menuju ke halaman Facebook palsu dan menyuruh mereka login kedalamnya dengan mengklik link “Check this out”.

Berhati-hatilah. Pengirim phishing sedang mencari korban di Facebook. Korban bisa kehilangan password di situs jaringan sosial yang sedang popular ini.

Dalam serangannya, orang akan dikirim email pancingan, yang seakan-akan berasal dari Facebook. Namun saat dibuka akan menggiring korbannya ke situs Fbaction.net yang tampak seperti halaman log-in di Facebook.


Menurut IDG-News Service, Fbaction.net baru hidup pada Rabu sore (29/04). Tetapi Facebook sudah memasukan situs itu ke dalam daftar hitam, dan berharap agar situs tersebut ditutup.

"Kami sadar ini phishing domain dan kami telah mulai mengambil tindakan," kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan.

"Tim operasi kami telah memblokir domain dan menghapus konten yang berisi pesan tersebut. Mereka telah mereset password si pengirim phishing untuk menghilangkan akses. Kami juga akan bekerja sama dengan ISP (Internet Service Provider) untuk mendapatkan informasi, dan akan berusaha memasukan pemiliknya ke kasus pidana," tambah juru bicara itu.

Serangan itu dengan mengirim si korban pesan dengan subyek "Hello", yang sepertinya datang dari seorang teman, menurut TechCrunch yang pertama melaporkan adanya serangan itu. Pesan hanya berisi "Kunjungi http://www.facebook.com/l/4253f; http://fbaction.net/" . URL itu mengalihkan korban ke situs web Fbaction.net.

Korban serangan phishing sebenarnya mendapat beberapa peringatan. Yang pertama saat user mengklik link di dalam pesan asli jika diarahkan keluar situs Facebook. Peringatan lain muncul setelah memasukkan nama pengguna dan password pada situs phishing dan diarahkan kembali ke Facebook.

Situs Fbaction.net tidak menyerang komputer korban, tapi hanya mencoba untuk mengumpulkan informasi log-in, yaitu username dan password Facebook.

Kejahatan seperti ini sering kali mengumpulkan berbagai jenis informasi, karena biasanya pengguna komputer menggunakan username dan password yang sama untuk beberapa situs. Meng-hack akun Facebook juga berguna untuk meluncurkan serangan selanjutnya.

Schnitt menambahkan bahwa Facebook juga bekerja sama dengan partner MarkMonitor, yang menemukan phishing URL di kebanyakan browser, lalu memblokirnya dan menghubungi bagian ISP untuk mematikan alamat website palsu tersebut. Schnitt mengungkapkan, user seharusnya memastikan bahwa mereka memasuki alamat web www.facebook.com, dan jika bukan domain tersebut, berarti hanya spam.

blockedfacebookaccounts.tk, coba saja anda klik link ini maka anda akan diarahkan ke Situs Phising Facebook (bukan link Facebook Asli). Hati-Hati Yaa….

SUDAH LIAT KAN BUKTINYA :) ????

Perhatikan URL Situs Phising Facebook yang diberi kotak berwarna merah diatas, disitu sangat jelas terlihat dari nama dan favicon websitenya.


4 komentar

Anonymous

halo boss....
kalau sudah nempel dan ngikut terus di setiap mesin browser gmn mengilangkan?
padahal sudah di uninstall dan di ganti yg baru
maturnuwun, terimakasih

Admin

password ma username ta maksudnya?

biasanya di mozilla, ni caranya :
1. pilih menu tools
2. trus option
3. pilih tab security
4. trus click saved password

nah disitu kan ada password kamu, tinggal di-REMOVE aja

Anonymous

bos numpang nanya. knp ya aq gak bisa login di FB lewat PC aq. tp kalo aq coba di PC yg lain bisa. kalo aq coba buka FB di PC aq ketika aq coba login FB kembali seperti semula gak bisa login. knp ya bos. mohon bantuannya. thanks

Andra April 7, 2011 at 1:29 AM

@ diatas : lho kok bisa? mungkin ada masalah tuh ma cookies nya, maaf gan saya gak bisa bantu yang ini, coz kliatannya aneh banget. hehehe

Post a Comment

Thank You For Comment in My Site

Followers

Call me

My e-mail is
1. andraeinstein@yahoo.co.id
2. andrachemical@yahoo.com
3. andraeinstein@gmail.com

My site is
1. andrachemical.blogspot.com
2. andraeinstein.blogspot.com
3. creamcommunity.blogspot.com
4. andrachemical.cc.cc

  ©This Website is Edited by Nusendra Hanggarawan Copyright at 2009 and this site is protected by COPYSCAPE.